Skip to main content

Free Download WINRAR Archiver 6.24

 Halo kawan-kawan, setelah sekian lama blog ini vakum karena banyak hal jadi kali ini blog serbaguna akan membagikan link free download winrar archiver versi 6.24 ya.  Banyak dari kawan-kawan yang pasti membutuhkan aplikasi winrar ini, yuk gak usah panjang x lebar silahkan sedot! DOWNLOAD DISINI Terimakasih kawan-kawan, sampai bertemu di tulisan berikutnya.

Fun E-Learning Untuk Seluruh Indonesia



www.facebook.com/indberprestasi


      Dalam artikel kali ini saya akan membahas tentang Fun E-Learning untuk seluruh Indonesia, seperti kita ketahui bersama perkembangan teknologi komunikasi dan informasi yang semakin pesat juga berdampak pada dunia pendidikan dengan adanya E-Learning(Electronic Learning). Mungkin banyak dari kita yang telah mengetahui tentang adanya E-Learning ini, tetapi mungkin juga banyak dari sahabat kita yang belum paham atau bahkan belum mendengar sama sekali tentang E-Learning.
      Sejatinya E-Learning dalam arti luas bisa diartikan pembelajaran yang dilakukan di media elektronik (internet) baik secara formal maupun informal. Banyak sekali keunggulan dari E-Learning ini, antara lain bisa menghemat waktu dan biaya, standarisasi materi, dan juga kita tidak perlu susah payah mencari guru ataupun dosen misalnya untuk mengumpulkan tugas. Tetapi dibalik keunggulannya yang banyak, dalam suatu sistem pastilah ada kelemahannya, antara lain adalah kurangnya sosialisasi/interaksi antara guru dan murid atau dosen dengan mahasiswanya bisa menyebabkan adanya jurang pemisah dan kelemahan yang tidak kalah penting adalah tingkat kejenuhan pemakai e-learning sangat tinggi.
      Hal tersebut diataslah yang harus dan perlu diperbaiki ataupun dicarikan solusi untuk pemecahannya agar E-Learning dapat menjadi media andalan untuk pembelajaran khususnya di Indonesia dan juga agar E-Learning dapat dinikmati oleh semua lapisan pendidikan, baik yang ada di kota maupun didesa, bahkan pedalaman sekalipun selama ada koneksi internet.

Fun E-Learning Dengan Fitur Komunikasi

      Seperti kita ketahui bahwa website E-Learning pada umumnya berbentuk basic hanya untuk mensubscribe file-file pada folder-folder tertentu, dalam hal ini menyebabkan kita yang membuka e-learning hanya sekedar membuka dan mengupload file lalu keluar. Tidak bisa dipungkiri penggunaan E-Learning sangatlah minim karena fitur yang ada dalam kebanyakan desain web E-Learning sangatlah terbatas pada hal-hal tertentu saja.
      E-Learning dengan tambahan fitur komunikasi langsung baik dengan dosen ataupun mahasiswa yang lain mungkin lebih banyak diminati dan disukai, misalnya dengan adanya fitur chatting, inbox, ataupun ada suatu laman forum diskusi untuk membahas pelajaran/mata kuliah yang sedang dipelajari. Hal itu akan memaksimalkan penggunaan E-Learning yang telah ada dan akan membuat siswa/mahasiswa lebih tertarik dan tidak mudah bosan untuk menggunakan E-Learning.
      Penggunaannya misal pada saat para siswa kesulitan mengerjakan suatu tugas, maka disitu pula para siswa bisa saling sharing tentang pengetahuannya, sehingga bisa memecahkan permasalahan yang ada. Begitu pula siswa dapat berkomunikasi langsung dengan pengajarnya untuk meminta penjelasan suatu bab yang dirasanya sulit, hal tersebut akan mengefektifkan adanya E-Learning.

Fun E-Learning Untuk Pengajar

      Kendala yang sering dihadapi oleh para pengajar untuk menggunakan E-Learning adalah kurangnya pengetahuan tentang tata cara penggunaan dan pemanfaatan E-Learning secara maksimal. Untuk hal tersebut pihak sekolah bisa secara rutin mendatangkan seorang tutor untuk membantu para pengajar untuk memahami tentang E-Learning, agar E-Learning yang telah ada tidak ngangkrak karena tidak dimanfaatkan oleh para pengajar sama sekali. Padahal manfaatnya sangat besar jika para pengajar mengetahui dan menguasai tentang E-Learning dengan seiringnya perkembangan teknologi.
      Setelah para pengajar bisa sedikit meguasai dan memahami proses, mekanisme, cara kerja E-Learning, maka yang harus dilakukan adalah pemaksimalan penggunaannya. Kendalanya adalah para siswa/mahasiswa terlalu sering menghadapi kejenuhan ketika menggunakan E-Learning, solusi terbaik adalah para pengajar mengadakan suatu sesi yang menarik di E-Learning, missal ada sesi Game ataupun Kuis interaktif secara berkala yang berhadiah nilai tambah untuk para siswa/mahasiswanya. Dengan hal tersebut, sedikit banyak akan mendapat perhatian dari para siswa/mahasiswanya, sehingga para siswa/mahasiswanya akan antusias terhadap E-Learning dan tidak mudah merasakan kejenuhan. Inilah yang saya sebut ‘Fun’ ,metode ini sakan sangat menarik untuk para pelajar karena kejenuhan akan menurunkan tingkat konsentrasi seseorang.

Mewujudkan Fun E-Learning Untuk Seluruh Indonesia

      Mewujudkan E-Learning yang bisa digunakan untuk seluruh Indonesia bukanlah hal yang mustahil untuk dilakukan, karena seperti kita ketahui teknologi berkembang begitu pesat, jaringan telekomunikasi sudah masuk ke pinggiran kota, desa, bahkan ada yang bisa mencapai pedalaman. Nah, apa yang tidak mungkin dari hal tersebut? Kita sudah mendapatkan resource yang sangat hebat, tinggal bagaimana pemerintah mengembangkannya.
      Di Indonesia tersebar banyak sekali perguruan tinggi, sekolah-sekolah dari SD, SMP, SMA/SMK. Jumlah perguruan tinggi di Indonesia sekitar 3.216, SD sekitar 148.361, SMP sekitar 36.425,dan SMA/SMK sekitar 18.212. Jumlah yang banyak tersebut bukan menjadi penghalang untuk menjadikan E-Learning menjadi sesuatu yang bisa digunakan oleh semua. Caranya adalah pemerintah menyediakan suatu portal untuk mengakses semua web E-Learning yang ada di sekolah di seluruh Indonesia, dengan hal tersebut memungkinkan adanya kesinambungan data antar tingkat pendidikan. Contohnya adalah baru-baru ini ada sistem masuk perguruan tinggi dengan menggunakan jalur SNMPTN Undangan yang menggunakan nilai rapor, nah untuk hal tersebut bisa memanfaatkan E-Learning untuk mengambil data nilai dari siswa tanpa perlu lagi pihak sekolah mengupload data siswanya, dan pihak DIKTI mengecek mulai dari awal lagi, jadi semacam E-Learning yang dibundle dengan Sistem Informasi Akademik untuk taraf SMA. Kembali pada portal yang tadi, nah, untuk portal tersebut terdapat fitur search berdasarkan Provinsi dan Kota/Kabupaten tempat sekolah berada untuk memudahkan para siswa untuk mencarinya.
      Untuk pembuatan E-Learningnya bisa menggunakan domain dari Dinas Pendidikan Pusat agar tidak membingungkan pihak sekolah tentang bagaimana, dimana, dan berapa biaya untuk membuatnya, jadi semacam domain gratis untuk membuat web, tapi khusus untuk sekolah-sekolah di Indonesia. Nah, setelah membuat dari domain yang ada, maka pihak sekolah bisa mengedit website tersebut untuk kepentingan sekolah. Dalam default dari desain web yang didapat dari domain tersebut, terdapat pula menu ‘FunExam’ , ‘FunKuis’ , ‘FunGames’ yang bisa ditambahkan oleh pihak sekolah agar bisa menarik perhatian para siswa dan siswa tidak bosan dengan yang itu-itu saja. Dalam menu FunExam, sekolah dapat memberikan ujian tambahan jika perlu dengan metode menyenangkan, jadi siswa tidak perlu dalam tekanan terus untuk mengerjakan suatu pekerjaan, begitu pula untuk FunKuis. Untuk FunGame, para guru bisa memberikan nilai tambah untuk para siswa jika berhasil memecahkan game. Game disini bukan game yang hanya untuk bermain, jadi game disini misalnya adalah teka-teki silang mengenai bab yang dibahas oleh pegajar atau materi tambahan lainnya. Dan juga ada pula fitur chat, inbox dan forum diskusi yang dapat digunakan oleh para siswa. Jadi, Dengan metode seperti ini, E-Learning bukan lagi sesuatu yang jika kita mendengarnya saja sudah merasa malas untuk membukanya, dalam E-Learning yang seperti ini siswa dapat mengeksplorasi pengetahuannya dengan cara mudah dan menyenangkan dengan dapat berinteraksi dengan teman dan pengajar tentang materi yang sedang dipelajari secara Fun, dan juga para pengajar akan lebih dimudahkan dengan adanya E-Learning ini karena E-Learning ini tidak dimulai dari nol, pengajar bisa mengambil fitur-fitur yang ada dalam web ini.

      Semua Hal yang bisa dapat dilakukan baik oleh pemerintah, pihak sekolah, guru, dan siswa saya tuangkan dalam suatu bentuk model diagram aktivitas seperti di bawah ini.

Klik di gambar untuk memperbesar!

      Semua itu bukanlah sesuatu yang mustahil untuk diterapkan dan dilakukan. Tetapi semua butuh dukungan penuh dari Pemerintah, Dinas Pendidikan dan para Praktisi IT. Meskipun membutuhkan persiapan yang mungkin lama dan pembiayaan dalam pengembangan yang tidak sedikit, tetapi paling tidak ada ide atau rancangan yang bisa dimatangkan kedepannya, tentunya semua ini butuh dukungan penuh dari pemerintah. Why not untuk mencerdaskan kehidupan bangsa, bukannya hal tersebut ada dalam UUD 1945 yang menjadi tujuan dari bangsa Indonesia. Mungkin dalam waktu 2-3 tahun mendatang(kalaupun didengar oleh pemerintah.hehe) jika semua dimatangkan akan bisa mulai terlaksana, semoga hal ini bisa terwujud demi kemajuan pendidikan di Indonesia.
      Dengan semua tersebut diatas, maka E-Learning dapat dikenal luas oleh masyarakat pendidikan di semua wilayah di Indonesia selama masih ada jaringan komunikasi, tetapi saya rasa masalah jaringan, dewasa ini perusahaan telekomunikasi sudah bisa masuk ke pelosok wilayah Indonesia di desa-desa, salah satu perusahaan tersebut adalah XL, hal ini sangat bisa membantu pembangunan pendidikan diseluruh Wilayah Indonesia, contohnya dimanfaatkannya jaringan XL tersebut untuk mengakses internet dan untuk membuka E-Learning ini. Bukan hanya dikenal tetapi juga dimanfaatkan secara maksimal oleh seluruh tingkat pendidikan. Jadi, secara global E-Learning dapat menjadi media pembelajaran yag efektif dan menyenangkan, simple dan disisi lain juga dapat mencerdaskan seluruh lapisan pendidikan di seluruh wilayah Indonesia tentang perkembangan teknologi informasi dan tidak ada lagi kata gaptek di Indonesia, karena semua masyarakat Indonesia adalah masyarakat yang cerdas dan peka terhadap perkembangan teknologi, khususnya di bidang pendidikan dan lebih khususnya lagi untuk para pendidik dan yang didik.
       
      Semoga artikel ini bermanfaat untuk perkembangan pendidikan di Indonesia dan perkembangan teknologi untuk para Guru dan Siswa diseluruh Indonesia. Selamat Hari Guru untuk seluruh Guru yang ada didunia khususnya di Indonesia. Terimakasih :)

Comments

  1. Nice artikel mas,
    jika pemerintah mendengar ide inovasi ini, mungkin saja bisa jadi e-learning akan lebih bisa bermanfaat dan tidak nganggur seperti kebanyakan e-learning yang ada sekarang.
    Nice job, sukses selalu.

    ReplyDelete
  2. Iya, menurut saya juga seperti itu, kebanyakan e-learning yang ada sekarang masih kurang berfungsi secara maksimal dikarenakan masih kurang menarik untuk siswa dan para guru masih enggan menggunakannya karena mungkin saja mereka masih bingung bagaimana cara memaksimalkannya.
    Pemaksimalannya menurut saya adalah dengan cara seperti ini karena dengan cara ini seluruh sekolah dan perguruan tinggi di indonesia bisa menggunakan e-learning secara maksimal dan tidak mudah merasakan bosan saat memakainya.
    terimakasih atas komentarnya mbak.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Mengatasi PES Tidak bisa Dijalankan

Halo sob, ini update.an baru tentang bagaimana mengatasi PES 2013 yang tidak bisa dijalankan di PC anda, sebelumnya saya telah mengeposkan tentang hal yang sama, tapi saya masih belum melengkapi tulisan saya jika ada kasus - kasus seperti dibawah ini : Jika keluar Error "Pro Evolution Soccer 2013 has stopped working " Caranya: 1. Pergi ke folder  C:\Program Files\KONAMI\Pro Evolution Soccer 2013 . 2. Klik kanan pada shortcut PES2013 dan pilih  Properties . 3. Pada PES2013 Properties. Klik pada tab  Compatability 4. Klik pada  "Run this program in compatability mode for : Windows XP (Service Pack 3) " 5. Klik Apply dan OK. Jika keluar Error " .. d3dx9_43.dll not found/missing .. " Cara A - Kitserver  1. Pergi ke folder  C:\Program Files\KONAMI\Pro Evolution Soccer 2013\kitserver13 2. Cari file  d3dx9_43.dll .  Copy  dan  Paste  file tersebut ke folder C:\Windows\System32 Cara B -  Download zip-file d3dx9_43.dl

Mengatasi PES 2013 tidak bisa dijalankan di Windows 8

Halo sob, apa kabar nih? Kali ini saya akan menuliskan sebuah artikel yang berjudul mengatasi PES yang tidak bisa dijalankan pada Windows 8. Bagi para sobat yang memiliki game ini, keluaran KONAMI, yaitu PES2013 dan yang menggunakan windows 8 mungkin pernah menemui masalah ini. PES sukses terinstall, tetapi pada saat menjalankan tidak mau loading. Nah, ini berdasarkan pengalaman saya yang pernah mengalami masalah tersebut, saya memiliki saran sebagai berikut. 1. Masuk pada folder installasi PES2013. 2. Cari file exe dari installasi tersebut dengan nama pes2013.exe , lalu klik kanan pada file tersebut. 3. Pilih Troubleshoot Compability . 4. Pilih Troubleshoot Program 5. Centang semua kotak dialog yang ada! 6. Pilih Windows dimana terakhir PES dapat dijalankan !  7. Centang semua kotak dialog yang ada ! 8. Pilih test the program ! Sekarang tunggu sebentar, sekarang PES anda dapat diganakan di Windows Terbaru, yaitu WINDOWS 8. Sekian artike

Free Download PES 2017 For PC (Pro Evolution Soccer)

Selamat pagi/siang/sore/malam sobat bloggers, di artikel ane kali ini ane mau bagi nih Free Download PES 2017 for PC nih gan. Sikat aja ye gak usah lama-lama buruan sikat nih linknya : Installer : http://adf.ly/3790320/patch-pes-2017 Crack : by request Patch : by request Soal minimum requirements ini nih gan : CPU: Intel Core2 Duo 1.8GHz / AMD Athlon ? X2 240 or equivalent processor CPU Speed: Info RAM: 1 GB OS: Windows 10, 8.1, 8, 7 SP1, Vista SP2 Video Card: DirectX 9.0c compatible video card. 1024 MB Pixel Shader 3.0 (NVIDIA GeForce 8800 / AMD/ATI Radeon X1600 / Intel HD Graphics 3000 or better) Sound Card: DirectX 9.0c compatible sound card Free Disk Space: 8 GB Btw ane cuma pake laptop spek rendah, Processor intel core i3, VGA On-Board RAM 2 GB, HDD 500GB dan pake sistem operasi Windows 10. Untuk settingnya pakai kualitas yang rendah saja, meskipun rendah tapi sudah mantap buat main kok bos, nah kalau pas running muncul kayak gini